Ground

Banyak pertanyaan apa itu ground?
Apa gunanya?
Apakah selalu ground itu negatif?
Apa yang dimaksud titik netral pada pencatu daya terbelah ?

Agak sulit menerangkan dengan kata-kata, bahkan dari hasil diskusi saya dengan beberapa teman yang sudah pakar elektronik juga mereka menemukan kesulitannya mengungkapkan dengan kata-kata walau kita mengerti tentang ground.

 Untuk itu saya mencoba menerangkan semaksimal mungkin, tetapi sesungguhnya yang “mendengar” mestinya sudah punya ilmu elektronika minimal sampai teknik penguat audio.

 Jadi, jika belum memehami tentang teknik audio dan masih bingung tentang konsep dan aplikasi ground masih dimaklumkan.

Pada rangkaian listrik sederhana tidak diperlukan ground, misalkan senter, (body nya terbuat dari plastik) itupun sering negatifnya dihubungkan dengan body senter terbuat dari logam.

A. Pengertian Ground

Ground adalah titik yang dianggap sebagai titik kembalinya arus listrik arus searah atau titik kembalinya sinyal bolak balik atau titik patokan (referensi) dari berbagai titik tegangan dan sinyal listrik di dalam rangkaian elektronika.

Arti ground = bumi, sedangkan grounding = pembumian, dalam arti sebenarnya adalah titik di bumi di mana secara listrik berhubungan/bertemu dengan mata air tanah (mata air tanah).

Pada kelistrikan pembumian dilakukan dengan penanam plat logam di dalam tanah hingga bertemu dengan mata air tanah, di mana kabelnya dihubungkan dengan salah satu kabel PLN yang disebut arde (ground) tetapi BUKAN negatif (karena tegangan PLN adalah tegangan AC yang positip dan negatif nya selalu berbolak balik).

Dalam Elektronika, ground yang dimaksud adalah ground semu (boleh juga nanti dihubungkan dengan ground sesungguh nya untuk pengamanan terhadap setrum).

Yang dimaksud titik “ground semu” adalah titik tersebut dihubungkan dengan body alat elektronik yang terbuat dari logam sehingga semua komponen di dalamnya tertutupi oleh ground semu itu.

Dengan cara ini jika ada (dan pasti ada) gelombang elektromagnetik dari udara sekitarnya tidak masuk ke alat elektronik kita.

 B. Kegunaan Ground
  1. Titik kembali nya arus atau sinyal listrik
  2. Pelindung terhadap gelombang elektromagnetik dari udara sekitar
  3. Pengaman setrum jika ada kerusakan (ground sesungguhnya)
  4. Titik patokan (referensi) tegangan atau sinyal dari berbagai titik di rangkaian.
  5. Menghilangkan dengung (hum) pada penguat audio (amplifier)
  6. Mengurangi Noise pada penguat audio (amplifier)
  7. Pada kendaraan (mobil atau motor) mengurangi kebutuhan kabel listrik, karena menjadikan body motor atau mobil sebagai pengganti kabel negatif.
  8. dll.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: