Pengenalan Komponen Diode

Diode adalah komponen “semikonduktor” yang akan kita perkenalkan pertama kali. Komponen ini berbahan dasar Silkon atau Germanium (kebanyakan berbahan dasar silikon).

Pada bahasan ini kita akan sangat menyederhanakan pembuatan dioda, jika akan memperdalam lagi dipersilahkan untuk membaca referensi tambahan yang lain.

  • Bahan Silikon atau Germanium jika di di kotori (dopping) atau “taburi” dengan bahan Alumunium maka akan bersifat kekurangan elektron atau bersifat positip P.
  • Bahan Silikon atau Germanium jika di kotori (dopping) atau “ditaburi” dengan bahan Phospor maka akan bersifat kelebihan elektron atau bersifat Negatif N.

Kalau kedua bahan tersebut dipertemukan maka akan jadi komponen diode (dioda), dimana yang P dihubungkan dengan kaki dan kita namakan Anoda (A), dan yang bersifat N dihubungkan dengan kaki dan kita namakan Katoda (K).

Pertemuan kedua nya dinamakan titik Pertemuan (Junction), karena itu dioda ini dinamakan juga diode pertemuan (junction diode).

Dalam praktek akan kita temukan kaki katoda diberi tanda garis dan jika di gambar secara skema tampak pada gambar sebelahnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: