Pengenalan Kapasitor / Kondensator (bagian 1)

Capacitor atau Condensator (dalam bahasa Indonesia kita menyebutnya Kondensator), adalah komponen elektronika yang di gunakan untuk menyimpan muatan listrik.

Muatan muatan listrik tersebut berbentuk atom atom yang kelebihan dan kekurangan elektron tetapi muatannya tidak sebanyak battery atau accu, jika battery atau accu di hubungkan kapasitor, maka seketika muatan listrik dari battery akan mengalir dan mengisi pada kapacitor.

Kita akan bahas terlebih dahulu bentuk fisik nya sebuat kapacitor.

Definisi capacitor di atas dipandang dari segi fungsi nya, dari segi fisik :

Capacitor adalah : Komponen elektronika yang terdiri atas 2 buah penghantar yang di tengah nya di beri dielektrika (isolator). Dimana nama capacitor disebut dari bahan dielektrika/isolator nya.

(Isolator adalah bahan yang tidak bisa di aliri arus listrik).

Sederhananya,

  1. jika kita buat 2 buah plat,kita beri tengah nya tanah liat (keramik) maka kita sudah membuat sebuah kapasitor, dinamakan kondensator keramik. Kedua plat tersebut bisa kita buat yang satu lebih luas dari yang lain, maka yang lebih lebar akan bermuatan lebih negatif dari plat yang kurang luas.
  2. Untuk lebih ilmu nya mendalam, saya ingin teman teman mau “berkorban”, yaitu membeli sebuah capacitor elektrolit (elco) sebesar 1.000 uF – 16 Volt, kemudian bongkar perlahan lahan agar tidak rusak untuk mengetahui isi dalamnya.

Di dalam elektrolit condensator (elco) tersebut, akan di dapat 2 buah plat yang di tengah nya di beri kertas tetapi “di siram” cairan elektrolit. perhatikan bahwa kedua plat tidak sama luas yang satu lebih luas dari yang lain ….

Setelah memegang cairan elektrolit sebaiknya tangan di cuci dengan bersih

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: