Membuat Line Follower Tanpa Mikrokontroller

Hari ini kami memperkenalkan sebuah proyek baru bernama – Robot Line Follower. Tidak perlu pengetahuan mikrokontroler untuk membuat proyek ini .
Ini adalah rangkaian sederhana di mana digunakan Op-amp LM358 dengan menggunakan tegangan 9 volt sampai 12 volt DC . LM358 berisi dua op-amp yang mana kabel sebagai pembanding . Dengan demikian tegangan pada terminal pembalik ( – ) lebih tinggi dari terminal non-pembalik ( + ) output akan rendah dan ketika tegangan pada terminal non-pembalik ( + ) lebih tinggi dari pembalik terminal ( – ) outputnya akan tinggi.

Output dari komparator op – amp yang diberikan kepada transistor yang ditransfer sebagai saklar untuk menggerakkan motor . Dioda D3 dan D4 disediakan untuk membatalkan tegangan negatif dihasilkan karena ggl belakang motor .

line-follower-robot-circuit-without-using-microcontroller

Ketika sensor pada warna putih , lampu LED akan tercermin pada LDR yang sesuai . Akibatnya , resistensi LDR menurun dan tegangan pada terminal non-pembalik ( + ) dari op – amp akan meningkat . Dengan demikian keluaran op-amp pergi tinggi dan ternyata pada transistor , yang berputar motor . Ketika sensor pada warna hitam , lampu LED tidak akan tercermin ke LDR, sehingga output dari op – amp akan rendah dan motor akan dimatikan .

Jadi ketika kedua sensor berada pada warna putih, ia akan menjalankan kedua motor maju dan ketika salah satu dari mereka pada warna hitam itu akan menghentikan motor yang sesuai. Jadi robot ternyata di arah yang sesuai karena salah satu motor berjalan.
Sensitivitas LDR dapat disesuaikan menggunakan variabel resistor 10K . Untuk lebih akurat, tutup bagian sisi dari sensor dan LED, sehingga hanya cahaya dari LED saja yang diterima sensor, bukan dari cahaya yang lainnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: